Haloo Sobat! buat kalian yang hoby banget menggambar ini nih gua ada software buat gambar manga yang pastinya TOP banget deh buat kalian coba..cekidot .
 
Paint Tool SAI adalah software menggambar digital yang umumnya digunakan untuk menggambar anime/manga. Kelebihan software ini antara lain:
  • ringan dan tidak menghabiskan banyak memori
  • tampilan yang lebih sederhana dan bersahabat dengan pemula
  • dan tentu saja mudah digunakan
Beberapa baru ini systemax (developer SAI) mengumumkan di website mereka http://www.systemax.jp/en/sai/ update resmi terbaru dari SAI, yakni versi 1.2.0

Versi terbaru ini sudah saya coba dan ternyata jauh lebih ringan, stabil dan lebih hemat pemakaian memori daripada versi sebelumnya.

Silakan update SAI kamu melalui website resmi atau melalui link download di bawah ini. Tidak perlu khawatir dengan setting dan brush, dengan mengupdate versi tidak membuat brush hilang. Pilih update files only jika sudah punya aplikasi SAI sebelumnya, pilih full instalation jika baru akan mencoba.


For new users, all required files of PaintTool SAI are included in this installer. In the first time, SAI will automatically start setup process, this will take a few minutes. SAI will start without setup process from the second time.

This installer contains minimum update files for previous version users, you can use this update overwriting all extracted files to the existing application folder.
Untuk yang belum punya lisensi/masih versi trial, untuk bisa menggunakan full version kamu bisa membeli lisensinya (via paypal) seharga 5400 JapanYen atau sekitar Rp. 561.000.
cek disini https://www.systemax.jp/en/sai/purchase.php

Semoga Bermanfaat !